Pertanyaan :
Assalamu'alaikum, mau tanya mas brow, apakah mas kawin itu harus disebutkan dalam aqad ? mohon dijawab beserta ibrotnya.. monggo..
( Dari : Yusuf Addawudi )
Jawaban :
Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh
Pemberian mahar (mas kawin) dari mempelai pria kepada mempelai wanita adalah salah satu kewajiban dalam pernikahan, hanya saja penyebutan mahar dalam akad nikah tidak menjadi syarat sahnya penikahan, karena mahar bukan merupakan rukun dalam akad nikah, sebagaimana disebutkan dalam kitab-kitab fiqih rukun nikah hanya ada lima, yaitu shigot (ijab qobul), mempelai wanita (zaujah), mempelai p[ria (zauj), wali nikah dan dua saksi. Tidak disyaratkannya menyebutkan mahar saat akad nikah telah disepakati oleh semua ulama' ahli fiqih berdasarkan firman Alloh ;
لَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِنْ طَلَّقْتُمُ النِّسَاءَ مَا لَمْ تَمَسُّوهُنَّ أَوْ تَفْرِضُوا لَهُنَّ فَرِيضَةً
"Tidak ada kewajiban membayar (mahar) atas kamu, jika kamu menceraikan isteri-isteri kamu sebelum kamu menggauli mereka dan sebelum kamu menentukan maharnya". ( Al-Baqoroh : 236 )
Ayat diatas menjelaskan bahwa perceraian dihukumi sah meskipun tanpa menyebutkan mahar, dan perceraian hanya ada dalam pernikahan yang sah, berarti nikah yang dilakukan tanpa menyebutkan mahar dihukumi sah.
Meski menyebutkan mahar hukumnya tidaklah wajib, namun disunatkan untuk menyebutkan mahar pada saat akad nikah, sebab nabi tidak pernah melaksanakan akad nikah tanpa menyebutkan mahar dan agar terhindar dari perselisihan antara kedua belah pihak mengenai maharnya. Karena itulah menurut Imam Al-Mawardi dan Imam Al-Mutawali dan ulama'-ulama' tidak menyebutkan mahar saat akad nikah hukumnya makruh. Wallohu a'lam.
( Oleh : Siroj Munir dan Abi Zamroji )
Referensi :
1.Al-Mausu'ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah, Juz : 39 Hal : 151-152
2.Roudlotut Tholibin, Juz : 7 Hal : 249
3.Al-Fiqhul Manhaji, Juz : 4 Hal : 55
4.Nihayatul Muhtaj, Juz : 6 Hal : 335
Ibarot :
Al-Mausu'ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah, Juz : 39 Hal : 151-152
حكم ذكر المهر في عقد النكاح
3 - المهر واجب في كل نكاح لقوله تعالى: {وأحل لكم ما وراء ذلكم أن تبتغوا بأموالكم} فقد قيد الإحلال به ؛ إلا أن ذكر المهر في العقد ليس شرطا لصحة النكاح فيجوز إخلاء النكاح عن تسميته باتفاق الفقهاء لقوله تعالى: {لا جناح عليكم إن طلقتم النساء ما لم تمسوهن أو تفرضوا لهن فريضة} حكم بصحة الطلاق مع عدم التسمية؛ ولا يكون الطلاق إلا في النكاح الصحيح
وروي أن ابن مسعود رضي الله عنه سئل عن رجل تزوج امرأة ولم يفرض لها صداقا ولم يدخل بها حتى مات؛ فقال ابن مسعود: لها مثل صداق نسائها لا وكس ولا شطط وعليها العدة ولها الميراث؛ فقام معقل بن سنان الأشجعي فقال: قضى رسول الله صلى الله عليه وسلم في بروع بنت واشق امرأة منا مثل ما قضيت ؛ ولأن القصد من النكاح الوصلة والاستمتاع دون الصداق فصح من غير ذكره كالنفقة. وصرح الشافعية والحنابلة بأنه يستحب سمية المهر للنكاح؛ لأنه صلى الله عليه وسلم لم يخل نكاحا عنه؛ ولأنه أدفع للخصومة
Roudlotut Tholibin, Juz : 7 Hal : 249
قال الأصحاب: ليس المهر ركنا في النكاح، بخلاف المبيع والثمن في البيع ; لأن المقصود الأعظم منه الاستمتاع وتوابعه، وهو قائم بالزوجين، فهما الركن، فيجوز إخلاء النكاح عن تسمية المهر، لكن المستحب تسميته ; لأنه أقطع للنزاع
Al-Fiqhul Manhaji, Juz : 4 Hal : 55
للنكاح أركان خمسة: وهي: صيغة، وزوجة، وزوج، وولي، وشاهدان
Nihayatul Muhtaj, Juz : 6 Hal : 335
تسن تسميته في العقد) " لأنه - صلى الله عليه وسلم - لم يخل نكاحا منه " ولئلا يشبه نكاح الواهبة نفسها له - صلى الله عليه وسلم -، ولأنه أدفع للخصومة، وإنما لم يجب لأن الغرض الأعظم الاستمتاع ولواحقه وذلك يقوم بالزوجين فهما كالركنز –إلى أن قال- (ويجوز إخلاؤه منه) أي من تسميته إجماعا لكن مع الكراهة كما صرح به الماوردي والمتولي وغيرهما