Bilangan talak setelah suami menikahi istri yang habis masa iddah talaq roj'inya



Pertanyaan :
Assalamu'alaikum wr wb
Saya pengen nanya di grup ini, seumpama seorang wanita di cerai dengan thalaq dua dan setelah habis iddah (tidak rujuk) dan kawin lagi dengan mantan suami tadi.

Pertanyaannya, wanita tadi masih punya satu thalaq lagi artinya bila di cerai habislah thalaq. atau wanita tadi masih kosong artinya bila di thalaq , masih punya dua thalaq, mengingat sebab nikah aqad baru bukan di rujuk ?

( Dari : Khamidah Nda )


Jawaban :
Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh
Ketika seorang suami menjatuhkan talaq satu atau pada istrinya, maka suami masih bisa untuk rujuk lagi dengan istrinya selama masa iddahnya belum habis. Apabila masa iddahnya telah habis, diperbolehkan bagi suaminya untuk menikahi mantan istrinya tersebut dengan melaksanakan akad nikah baru, dengan ketentuan bahwa suami tinggal memiliki sisa talaq dari talaq sebelumnya, maksudnya jika sebelumnya ia menceraikan istrinya dengan talaq satu, maka ia masih memiliki dua talaq, dan bila ia menceraikan istrinya dengan dua talaq, maka ia tinggal memiliki satu talaq lagi.

Ketentuan bahwa suami tinggal memiliki sisa dari talaq yang telah dijatuhkan sebelumnya tersebut berlaku bagi suami baik ia menikahi mantan istrinya setelah masa iddahnya habis dan belum dinikahi laki-laki lain atau setelah istrinya dinikahi oleh orang lain. Sebab keberadaan suami baru bagi mantan istrinya tidak mempengaruhi jatah talaq suami pertama sebelum ia menuntaskan bilangan talaqnya.

Hukum diatas berdasarkan fatwa Umar bin Khoththob sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Hurairoh rodhiyallohu "anhuma ;

سَأَلْتُ عُمَرَ عَنْ رَجُلٍ مِنْ أَهْلِ الْبَحْرَيْنِ طَلَّقَ امْرَأَتَهُ تَطْلِيقَةً أَوْ تَطْلِيقَتَيْنِ، فَتَزَوَّجَتْ، ثُمَّ إِنَّ زَوْجَهَا طَلَّقَهَا، ثُمَّ إِنَّ الْأَوَّلَ تَزَوَّجَهَا، عَلَى كَمْ هِيَ عِنْدَهُ؟ قَالَ: هِيَ عَلَى مَا بَقِيَ مِنَ الطَّلَاقِ

"Aku bertanya pa Umar mengenai seorang lelaki dari Bahroin yang menceraikan istrinya dengan satu atau dua talaq, Kemudian mantan istrinya menikah lagi, namun akhirnya bercerai. Lalu suami yang pertama menikahinya lagi, berapakah (jatah talaq) wanita tersebut bagi suaminya ?", beliau menjawab : "Wanita tersebut memiliki sisa talaq (suami yang pertama)".( Mushonnaf Ibnu Abi Syaibah, no.18377 )

( Oleh : Maf Guse Guse, Kudung Khantil Harsandi Muhammad, Phutra Randu Alass, M Qosim Siddiq, Muhammad Fatkhurozi Rozi, Siroj Munir dan Brandal Loka Jaya )



Referensi :
1. Fathul Mu'in, Hal : 522
2. Fathul Qorib, Hal : 245
3.Hasyiyah Al-Bajuri Ala Fathul Qorib, Juz : 2  Hal : 297
4. At-Tadzhib Fi Adillati Matnil Ghoyah Wat-Taqrib, Hal : 176
5. Mushonnaf Ibnu Abi Syaibah, Juz : 4  Hal : 112


Ibarot :
Fathul Mu'in, Hal : 522

ولو تزوج رجل مفارقته ولو بخلع بدون ثلاث ولو بعد أن نكحت لزوج آخر ودخوله بها عادت إليه ببقيته: أي بقية الثلاث فقط من ثنتين أو واحدة

Fathul Qorib, Hal : 245

وإذا طلق) شخص (امرأته واحدة أو اثنتين فله) بغير إذنها (مراجعتها مالم تنقض عدتها). وتحصل الرجعة من الناطق بألفاظ، منها «راجعتك» وما تصرف منها. والأصح أن قول المرتجع: «رددتك لنكاحي، وأمسكتك عليه» صريحان في الرجعة. وأن قوله: «تزوجتك أو نكحتك» كنايتان. وشرط المرتجع إن لم يكن محرما أهلية النكاح بنفسه؛ وحينئذ فتصح رجعة السكران، لا رجعة المرتد، ولا رجعة الصبي والمجنون؛ لأن كلا منهم غير أهل للنكاح بنفسه، بخلاف السفيه والعبد فرجعتهما صحيحة من غير إذن الولي والسيد وإن توقف ابتداء نكاحهما على إذن الولي والسيد. (فإن انقضت عدتها) أي الرجعية (حل له) أي زوجها (نكاحها بعقد جديد، وتكون معه) بعد العقد (على ما بقي من الطلاق)، سواء اتصلت بزوج غيره أم لا

Hasyiyah Al-Bajuri Ala Fathul Qorib, Juz : 2  Hal : 297

وقوله : (على ما بقي من الطلاق) أي من عدده, فإن كان طلقها طلقة واحدة عادت له له بطلقين, وإن كان طلقها طلقين عادت له بطلقة. قوله : (سواء اتصلت بزوج إيره أم لا) أي أم لم تتصل بزوج غيره, لأن الزوج الاخرلا يهدم الطلاق قبل استيفاء عدده, لأن عودها غير متوقف عليه فوجوده وعدمه سواء.

At-Tadzhib Fi Adillati Matnil Ghoyah Wat-Taqrib, Hal : 176


فصل" وإذا طلق امرأته واحدة أو اثنتين فله مراجعتها ما لم تنقض عدتها.فإن انقضت عدتها حل له نكاحها بعقد جديد وتكون معه على ما بقي من الطلاق
................................
روي عن عمر رضي الله عنه: أنه سئل عمن طلق امرأته طلقتين وانقضت عدتها، فتزوجت غيره وفارقها، ثم تزوجها الأول؟ فقال: هي عنده بما بقي من الطلاق [الموطأ: 2/ 586

Mushonnaf Ibnu Abi Syaibah, Juz : 4  Hal : 112

18377 - حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ قَالَ: نا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ، وَسُلَيْمَانَ بْنِ يَسَارٍ، وَحُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ: سَمِعْنَا أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ: سَأَلْتُ عُمَرَ عَنْ رَجُلٍ مِنْ أَهْلِ الْبَحْرَيْنِ طَلَّقَ امْرَأَتَهُ تَطْلِيقَةً أَوْ تَطْلِيقَتَيْنِ، فَتَزَوَّجَتْ، ثُمَّ إِنَّ زَوْجَهَا طَلَّقَهَا، ثُمَّ إِنَّ الْأَوَّلَ تَزَوَّجَهَا، عَلَى كَمْ هِيَ عِنْدَهُ؟ قَالَ: هِيَ عَلَى مَا بَقِيَ مِنَ الطَّلَاقِ