Pertanyaan :
Assalamu'alaikum,
Bolehkan pemotongan hewan hadyu diluar tanggal 10,11,12,13 dzulhijjah ?
( Dari : Muammar Khadafi )
Jawaban :
Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh
Menurut pendapat yang shohih dalam madzhab syafi'i waktu penyembelihan hadyu (Hewan yang disembelih oleh jamaah haji jama'ah haji) sama dengan waktu penyembelihan hewan qurban, yaitu setelah pelaksanaan sholat idul adhha sampai akhir hari tasyriq, sebab hadyu diqiyaskan dengan hukum udhhiyah (qurban). Sedangkan menurut sebagian ulama' penyembelihan hadyu waktunya tidak terbatas seperti halnya dam-dam (denda-denda) yang dibayarkan karena terdapat kekurangan dalam pelaksanaan ibadah haji (Dima'ul jubronat).
Jadi, berdasarkan pendapat pertama jika seseorang mengakhirkan penyembelihan hadyu sesudah hari-hari tasyriq, maka hukumnya diperinci, apabila hadyu-nya termasuk hadyu yang sifatnya wajib maka harus dilakukan penyembelihan sebagai qodho' hadyu yang waktunya telah lewat dan dagingnya wajib diberikan kepada orang-orang miskin penduduk tanah harom. Adapun jika hadyu tersebut adalah hadyu sunat, maka waktunya sudah terlewat untuk melaksanakannya.
( Oleh : Kudung Khantil Harsandi Muhammad, Akh Mustaqim, Abasshory Syeher Comunity dan Siroj Munir )
Referensi :
1. Mughnil Muhtaj, Juz : 2 Hal : 312
2. Nihayatul Muhtaj, Juz : 3 Hal : 360
3. Tuhfatul Muhtaj, Juz : 4 Hal : 199
4. Syarah Mahalli Alal Minhaj, Juz : 2 Hal : 183-184
Ibarot :
Mughnil Muhtaj, Juz : 2 Hal : 312
ووقته وقت الأضحية على الصحيح، والله أعلم
....................................
ووقته) أي ذبح هذا الهدي (وقت الأضحية على الصحيح، والله أعلم) قياسا عليها، والثاني لا يختص بوقت كدماء الجبرانات، وعلى الأول لو أخر الذبح حتى مضت أيام التشريق نظر إن كان واجبا وجب ذبحه قضاء، وإن كان تطوعا فقد فات
Nihayatul Muhtaj, Juz : 3 Hal : 360
ووقته) أي ذبح هذا الهدي (وقت الأضحية على الصحيح) قياسا عليها، والثاني لا يختص بوقت كدماء الجبرانات، وعلى الأول لو أخر الذبح حتى مضى وقت الأضحية نظر إن كان واجبا ذبحه حتما قضاء أو تطوعا فات إن لم يعين غيرها هذه الأيام
Tuhfatul Muhtaj, Juz : 4 Hal : 199
ووقته) أي ذبح هذا الهدي بقسميه حيث لم يعين في نذره وقتا (وقت الأضحية على الصحيح) قياسا عليها فلو أخره حتى مضت أيام التشريق وجب ذبحه قضاء إن كان واجبا ووجب صرفه إلى مساكين الحرم، وإلا فلا لفواته
Syarah Mahalli Alal Minhaj, Juz : 2 Hal : 183-184
ووقته وقت الأضحية على الصحيح) والثاني لا يختص بوقت كدم الجبران وعلى الأول لو أخر ذبحه عن أيام التشريق فإن كان واجبا ذبحه قضاء وإلا فقد فات فإن ذبحه قال الشافعي - رضي الله عنه - كانت شاة لحم ومعلوم أن الواجب يجب صرف لحمه إلى مساكين الحرم وفقرائه، وأنه لا بد في وقوع التطوع موقعه من صرفه إليهم