Beberapa Kelebihan Maktabah Syamilah V.02

Postingan ini akan menguraikan beberapa kelebihan Software maktabah Syamilah versi kedua yang diterbitkan oleh situs resmi Maktabah Syamilah. Berikut uraiannya:

1. Penambahan Kitab-Kitab Baru.

Dalam Maktabah syamilah resi versi kedua ini telah ditambahkan beberapa kitab baru, yang setelah ditambahkan dengan dengan kitab-kitab yang sebelumnya sudah ada jumlahnya mencapai 6111 kitab.

Kitab-kitab baru yang ditambahkan tersebut berasal dari :

- Tim Maktabah syamilah, semisal kitab "Nihayatul Mathlab Fi Diroyatil Madzhab" karya Imam Haromain, Qutul Mughtadi Syarah Jami' At-Turmudzi" karya Imam Suyuthi, "Mannarul Qori Syarah Mukhtashor Bukhhori" karya Hamzah Qosim.

- Hasil download dari situs-situs penyedia file kitab-kitab gratis, seperti kitab "Syarah Az-Zarqoni Ala Al-Mawahib Al-Ladduniyah" karya Imam Al-Qostholani.

- Para anggota komunitas As-Syamilah, seperti Abu Yasir yang telah mengirimkan file kitab-kitab Ibnu Badis dan Malik bin Nabi.

- Kiriman dari para penulis kitabnya sendiri

2. Penyempurnaan dan Pembenahan Kitab-Kitab Yang Terdapat kekurangan dan Kesalahan Penulisan

Terkadang anda akan menemukan kitab yang sama pada versi ini, namun sebenarnya sudah terdapat pembenahan pada kitab tersebut, semisal :

- Shohih Ibnu Hibban (Tahqiq Syu'aib Al-Arna'uth) terdapat kekurangan yang mencapai 6 jilid, dan telah dilengkapi pada versi ini.

- Syarah Riyadhus Sholihin, karya Ibnu 'Allan terdapat kekurangan 2 jilid, dan telah disempurnakan.

- Pembetulan beberapa kesalahan dalam kitab-kitab yang telah  ada sebelumnya, seperti kitab "An-Nahwu Al-Wafi" karya Abbas Hasan dan "Aisarut Tafasir", karya Al-jaza'iri.  

3. Nomer Halaman Sesuai Kitab Asli

Mayoritas kitab-kitab yang telah dicetak dan diterbitkan dan termuat dalam maktabah syamilah versi ini nomer halaman dan jilidnya sesuai dengan kitab aslinya. Selain itu dicantumkan pula penerbit dan tahun terbitnya (apabila memang ada).

Hal ini akan memudahkan bagi para pembaca ketika akan menukil penjelasan dari kitab-kitab dalam maktabah syamilah sebagai referensi penulisan atau kajian, agar penukilan dan penjelasannya dianggap valid.

4. Pemisahan Kitab Yang Tak Sesuai Aslinya

Apabila kitab-kitab yang termuat dalam maktabah syamilah versi ini penomerannya tidak sesuai dengan aslinya, akan diberikan tambahan keterangan kalimat "مرقم اليا" (penomeran otomatis) pada nama kitabnya dan akan ditempatkan pada bagian terpisah dari kitab-kitab yang penomerannya sesuai dengan kitab aslinya.

Berikut ini gambarnya:


Kebanyakan dari kitab-kitab yang penomerannya tidak sesuai dengan kitab asal tersebut memang belum pernah diterbitkan sama sekali, seperti kajian-kajian kitab yang didokumentasikan dalam bentuk tulisan.

Bagi teman-teman yang belum mendownloadnya silahkan buka postingan ini