Pertanyaan :
Assalamualaikum wr. wb
Saya mau mengajukan pertanyaan, bagaimana hukum mengambil uang 500 rupiah dijalan ?
( Dari : Ben Ben Berlian )
Jawaban :
Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh
Jika seseorang menemukan barang yang tidak bernilai (ma la yutamawwal) atau barang-barang yang dianggap remeh (muhaqqorot), maka tidak usah diumumkan dan boleh dimiliki. Hukum ini didasarkan pada sabda nabi ;
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: «رَخَّصَ لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْعَصَا وَالسَّوْطِ وَالْحَبْلِ وَأَشْبَاهِهِ يَلْتَقِطُهُ الرَّجُلُ يَنْتَفِعُ بِهِ
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi keringanan kepada kami pada tongkat, cambuk, tali, dan yang semisalnya yang ditemukan oleh seseorang, (yakni) dia boleh mengambil manfaat darinya". ( Sunan Abu Dawud, no.1717 )
Adapunan jika barang yang ditemukan adalah barang yang berharga (mutamawwal) namun hanya sedfikit, maka menurut pendapat ashoh tidak usah diumumkan sampai setahun, tapi cukup diumumkan selama waktu yang dianggap pemiliknya sudah tidak mencarinya lagi. Batasan dari sedikit disini adalah barang yang dianggap bahwa orang yang kehilangan barang tersebut tidak terlalu menyusahkan kehilangannya dan tidak dicari dalam waktu yang lama pada umumnya.
Sedangkan jika barang yang ditemukan hanya sedikit, namun biasanya masih dicari oleh pemiliknya jika kehilangan, maka wajib mengumumkannya selama setahun.
( Oleh : Siroj Munir, Mazz Rofii dan Muh KHolili Aby Fitry )
Referensi :1. Al-Majmu', Juz : 15 Hal : 261 2. Kifayatul Akhyar, Juz : 1 Hal : 316
3. Al-Majmu', Juz : 15 Hal : 262
Ibarot :
Al-Majmu', Juz : 15 Hal : 261
فرع : روينا عن أحمد وأبى داود عن جابر بن عبد الله قال (رخص رسول الله صلى الله عليه وسلم في العصا والحبل وأشباهه يلتقطه الرجل ينتفع به) وفى إسناده المغيرة بن زياد، قال المنذرى. تكل فيه غير واحد، وفى التقريب: صدوق له أوهام وفى الخلاصة: وثقة وكيع وابن عدى وغيرهم. وقال أبو حاتم: شيخ لا يحتج به، وفيه جواز الانتفاع بما يوجد في الطرقات من المحقرات لا سيما إذا كان هذا الشئ الحقير مأكولا لما في حديث أنس الذى ساقه المصنف، فإنه يجوز أكله ولا يجب التعريف به أصلا كالتمرة ونحوها
Kifayatul Akhyar, Juz : 1 Hal : 316
فرع : إذا وجد مالا يتمول كزبيبة ونحوها فلا يعرف ولواجده الاستبداد به وإن تمول وهو قليل فالأصح أنه لا يعرف سنة بل يعرف زمنا يظن أن فاقده يعرض عنه غالبا وضابط القليل ما يغلب على الظن أن فاقده لا يكثر أسفه عليه ولا يطول طلبه غالبا والله أعلم
Al-Majmu', Juz : 15 Hal : 262
وعندنا أن القليل إذا كان يطلب في العادة وجب التعريف به كالكثير مدة التعريف المنصوص عليها وهى سنة لعموم الاحاديث الواردة